Sabtu, 26 September 2020

Bentuk Jarum Skep Menyempurnakan Konverter Kit LPG 1


Karburator bensin ataupun konverter kit LPG adalah merupakan bagian dari suatu sistem bahan bakar pada sebuah motor bakar. Suatu sistem bahan bakar bekerja dan berfungsi sebagai pemasok atau pen-suplai bahan bakar baik bensin atau gas LPG pada mesin atau motor bakar. Secara teori (idealnya) sistem bahan bakar baik karburator bensin ataupun konverter kit LPG harus dapat memasok sejumlah campuran bahan bakar (bensin atau gas LPG) dengan udara dalam perbandingan (massa) tertentu. Untuk bensin 1 : 14,7 dan untuk LPG 1 : 15,7. Maksudnya adalah setiap satu bagian (massa) bensin diperlukan 14,7 bagian (massa) udara. Dan setiap satu bagian (massa) LPG diperlukan 15,7 bagian (massa) udara. Perbandingan Udara  dan Bahan Bakar ini harus tetap (secara teori) pada semua putaran mesin, baik saat putaran lambat ataupun cepat.

Perhatikan gambar 1
Bagian manakah dari sistem bahan bakar gas LPG ini yang mengatur sehingga menghasilkan perbandingan udara dan gas LPG sesuai dengan yang diperlukan? 
Jawabannya: skep, jarum skep dan regulator (tekanan gas LPG).
Bagian manakah dari sistem bahan bakar gas LPG ini yang mengatur jumlah udara yang masuk ke dalam mesin?
Jawabannya: celah atau lubang yang dibentuk oleh skep.
Bagian manakah dari sistem bahan bakar gas LPG ini yang mengatur jumlah gas LPG yang masuk ke dalam mesin?
Jawabannya: celah atau lubang yang dibentuk antara jarum skep dengan needle jet dan regulator (tekanan gas LPG).
Gambar 1. Skema Karburator LPG