Kamis, 10 November 2011

Kompor Darurat Dari Bensin

Kompor merupakan alat yang sering sekali digunakan dalam kehidupan modern, hampir semua makanan melalui pemrosesan terlebih dahulu untuk dapat dikonsumsi untuk pemenuhan kebutuhan kita.
Alat yg sangat penting untuk melakukan proses tersebut salah satunya adalah kompor. Tanpa kompor makanan menjadi sulit untuk di proses. Bayangkan jika beras banyak tetapi tidak ada gas maupun minyak tanah untuk dapat menyalakan kompor. Tentu saja hal ini akan sangat menyulitkan. Tapi selalu saja ada alternatif. Kita bisa mengumpulkan kayu bakar atau benda apa saja yang bisa dibakar untuk membuat kompor sederhana.
tapi kadang batang kayu pun menjadi hal yg sulit ditemukan ketika kita berada di perkotaan, solusi lain adalah denganmembuat kompor darurat. kompor darurat ini sangat mudah untuk di buat yang diperlukan adalah kehati-hatian dan sedikit keberanian.kalau gas tidak ada dan minyak tanah tidak ada, biasanya pom bensin ada di mana-mana, maka bensin bisa digunakan sebagai kompor darurat sederhana.


alat-alat yg dibutuhkan :
1. aerator untuk awuarium (penghasil gelembung)
2. selang kecil
3. stoples bekas kopi atu apa saja yg ada tutupnya
4. pengatur udara (buat aquarium)
5. pipa besi kecil
6. bensin
7. lem (buat nutup lubang tutup stoples)

ikuti gambar skema yg di tunjukan. prinsip kerjanya yaitu dengan bandtuan angin maka gelembung2 akan menguapkan bensin, dan uap bensin inilah yang di bahar. saya udah coba dan apinya tidak mengejar sampai ke stoples. malah ternyata bensin tidak terlalu reaktif, tapi walopun begitu tentu saja kehati-hatian adalah perlu. jangan di tinggllkan begitu saja kompor darurat ini menyala tanpa pengawasan. perhatikan kondisi pipa apabila terlalu panas simpan kain basah di atasnya yang diusahakan teteap basah sehingga tidak melelehkan selang plastiknya.

selamat mencoba....

Sumber: http://transaksiinternet.blogspot.com/