Selasa, 01 November 2011

Mengubah Arus DC Menjadi AC (Inverter DC ke AC)

Disini saya akan membahas cara membuat inverter untuk mengganti suplay listrik saat PLN padam.Dan kita juga butuh suplay 220VAC dari sumber batere yang cuma 12VDC,meskipun telah banyak rangkaian inverter akan tetapi masih bingung bagaimana membuat inverter untuk membackup konsumsi yang rata-rata 450watt.Padahal sebenarnya permasalahan adalah pada cara memilih Transformator dan sumber DC-nya, Tapi sebelumnya mari kita menghitung bersama-sama dari rumus dasar listrik arus kuat:

Rumus dasar : P = V x I

Dimana: P => Daya

V => Tegangan

I => Arus

DAYA INPUT TRAFO = DAYA OUTPUT TRAFO

Contoh:

Bila kita ingin daya output inverter 480 watt pada 220 Vac maka arus output menjadi 2,18 ampere, dan tentunya pada input 12 Vdc harus menggunakan 40 ampere. hal ini dari perhitungan:

220 volt x 2,18 ampere = 12 volt x 40 ampere

dari hitungan di atas kita bisa memilih trafo step-up dengan karakter lilitan input mampu sebesar 40 ampere (trafo CT 40 ampere), jadi gunakan saja sumber DC yang mampu mensuplay misal Accu 12v 70-150 Ah keatas (makin besar makin lama waktu inverter dapat digunakan,cari saja rumus pemakaian accu misal di buku New Step I Toyota) .

Jika penggunaan ingin otomatis saat listrik PLN padam inverter langsung bekerja silahkan dipasang rangkaian bypass (Relay atau saklar Magnet) dan ditempatkan setelah output box sekering PLN.

Selain itu pada waktu siang hari ketika lampu tidak dinyalakan kita bisa menggunakan untuk mengisi accu (mengcanger accu) ibaratnya simbiosis mutualisme. Tapi dengan syarat kita harus membuat atau membeli alat pengisian aki .


SELAMAT MENCOBA, KLO GAGAL YA SABAR!!

Gambar Rangkaian Inverter DC ke AC 500 Watt


Gambar Rangkaian Pengisis Accu